RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK
Nama Sekolah : .................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : I/I
Pertemuan Ke- : I
Alokasi Waktu : 2 X 35
Menit
Standar Kompetensi :
Ø Berbicara
:
Mengungkapkan
fikiran, perasaan, informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa,
pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamaks.
Kompetensi Dasar :
Ø Menjelaskan
isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dalam bahasa yang mudah dimengerti
1.
Indikator :
Ø Siswa
dapat menyusun gambar secara runtun dan benar.
Ø Siswa
dapat menceritakan gambar secara baik dan benar
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin
(Discipline)
Tekun
(Diligence)
Tanggung
Jawab (Responsibility)
Ketelitian
(Carefulnes)
Kerja Sama
(Cooperation)
Toleransi (Tolerance)
Percaya Diri (Confidence)
Keberanian (Bravery)
II. Materi Pokok :
Menjelaskan isi gambar
III. Metode Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Tanya
Jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Guru memberikan
salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
b. Guru memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan siswa tentang pembelajaran sebelumnya.
c. Guru memberikan
informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari gambar.
2.
Kegiatan Inti
Ø
Fase eksplorasi
a. Untuk
mengetahui pengetahuan siswa, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
b. Siswa mengamati demonstrasi guru tentang gambar.
Ø
Fase elaborasi
a.
Guru membagi siswa menjadi empat kelompok besar, secara heterogen.
b.
Guru menjelaskan kepada siswa mengenai cara menyusun gambar.
c.
Siswa mengamati demonstrasi guru tentang cara menyusun gambar.
d.
Guru memberikan pengajaran kepada siswa berupa permainan untuk memacu
semangat siswa dalam menyusun gambar dan menjelaskan gambar tersebut.
Ø
Fase konfirmasi
a.
Siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru tentang gambar.
b.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan, dan penyimpulan.
3. Kegiatan Akhir / Penutup
a.
Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) yang ada dibuku paket siswa.
b.
Guru mengimformasikan pembelajaran apa yang akan diajarkan pada pertemuan
berikutnya.
c.
Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca Hamdallah dan
guru mengucapkan salam sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.
V.
Alat dan Sumber Belajar
Ø Buku
Saya Senang Berhasa Indonesia SD Jilid I
Ø Poster
bergambar
VI. Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
|
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
|
Ø Menyusun
gambar secara runtun dan benar.
Ø Menceritakan gambar secara baik dan benar
|
Ø Lisan
Ø Perbuatan
|
|
Ø Susunlah gambar sesuai petunjuk guru!
Ø Ceritakanlah gambar yang telah disusun dengan
bahasa sendiri !
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MI Nurul Jihad
_____________________________
|
Tembilahan, 14
April 2014
Guru Tematik
Kelas I
NOVRIDA WATI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar