Minggu, 17 Mei 2015

RPP BAHASA INDONESIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) TEMATIK

Nama Sekolah             :    .................................
Mata Pelajaran           :    Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :    I/I
Pertemuan Ke-            :    I
Alokasi Waktu            :    2  X 35 Menit
Standar Kompetensi   :
Ø Berbicara :
Mengungkapkan fikiran, perasaan, informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamaks.

Kompetensi Dasar      :
Ø Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dalam bahasa yang mudah dimengerti

1.             Indikator            :
Ø Siswa dapat menyusun gambar secara runtun dan benar.
Ø Siswa dapat menceritakan gambar secara baik dan benar

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin (Discipline)
                                                                              Tekun (Diligence)
                                                                              Tanggung Jawab (Responsibility)
                                                                              Ketelitian (Carefulnes)
                                                                              Kerja Sama (Cooperation)
                                                                       Toleransi (Tolerance)
                                                                       Percaya Diri (Confidence)
                                                                       Keberanian (Bravery)

II.      Materi Pokok     :   
          Menjelaskan isi gambar

III.    Metode Pembelajaran :
1.    Ceramah
2.    Demonstrasi
3.    Diskusi
4.    Penugasan
5.    Tanya Jawab

IV.    Langkah-Langkah Pembelajaran
1.     Pendahuluan
a.   Guru memberikan salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah dan kemudian berdoa sebelum memulai pelajaran.
b.  Guru memberikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan siswa tentang pembelajaran sebelumnya.
c.   Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari gambar.

2.    Kegiatan Inti
Ø Fase eksplorasi
a.    Untuk mengetahui pengetahuan siswa, guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
b.    Siswa mengamati demonstrasi guru tentang gambar.
         
Ø Fase elaborasi
a.    Guru membagi siswa menjadi empat kelompok besar, secara heterogen.
b.    Guru menjelaskan kepada siswa mengenai cara menyusun gambar.
c.    Siswa mengamati demonstrasi guru tentang cara menyusun gambar.
d.   Guru memberikan pengajaran kepada siswa berupa permainan untuk memacu semangat siswa dalam menyusun gambar dan menjelaskan gambar tersebut.

Ø Fase konfirmasi
a.    Siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru tentang gambar.
b.    Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan.
                 
3.    Kegiatan Akhir / Penutup
a.    Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) yang ada dibuku paket siswa.
b.    Guru mengimformasikan pembelajaran apa yang akan diajarkan pada pertemuan berikutnya.
c.    Guru bersama-sama siswa menutup pelajaran dengan membaca Hamdallah dan guru mengucapkan salam sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.


V.      Alat dan Sumber Belajar
Ø Buku Saya Senang Berhasa Indonesia SD Jilid I
Ø Poster bergambar

VI.    Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
Ø  Menyusun gambar secara runtun dan benar.
Ø Menceritakan gambar secara baik dan benar

Ø Lisan
Ø Perbuatan

Ø Susunlah gambar sesuai petunjuk guru!
Ø Ceritakanlah gambar yang telah disusun dengan bahasa sendiri !




Mengetahui,
Kepala Sekolah MI Nurul Jihad





_____________________________
Tembilahan, 14 April 2014
Guru Tematik Kelas I






NOVRIDA WATI




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar